Pages

Jumat, 15 April 2011

Air Terjun Detian


Detian Waterfall merupakan air terjun transnasional terbesar di Asia, dan kedua terbesar di dunia, yang terhubung dengan Ban Yue Waterfall di Vietnam.
Ban Gioc Falls, dikenal di Vietnam sebagai thác Ban Giốc, adalah serangkaian air terjun di Quy Xuan River di perbatasan Tiongkok-Vietnam, yang terletak di dalam bukit Karst, Daxing County, di kota Chongzuo provinsi Guangxi, China, dan di Kabupaten Trung Khanh, provinsi Cao Bang, Vietnam, 272 kilometer sebelah utara Hanoi. 
Air terjun jatuh dari ketinggian tiga puluh meter. Terpisah-pisah oleh batu karang dan pohon. Air yang jatuh bergemuruh, terdengar dari kejauhan. Detian Waterfall merupakan salah satu wisata air terjun terbesar di asia dengan lebar sekitar 200 meter dan memiliki 3 tangga aliran air terjun, sepanjang perjalanan



Sampai sekarang, masalah perbatasan masih merupakan kontroversi, meskipun  pada tahun 1999 dilakukan perundingan melalui Viet Nam-China Treaty on Land Borderline. Hal ini berawal dari  definisi  yang tidak jelas dan penempatan tanda-tanda di perbatasan di dalam dokumen hukum  antara Perancis dan pemerintah Qing.
Satu fraksi berpendapat bahwa keseluruhan wilayah air terjun ini merupakan milik Vietnam, Tetapi ada kecurigaan bahwa batu tanda perbatasan telah dipindahkan setelah terjadinya perang Sino-Vietnam, tahun 1979. Itulah sebabnya sampai saat ini wilayah ini masih sering diributkan antara ke dua Negara bertetangga ini.


Sumber : http://smart-pustaka.blogspot.com/search/label/Air%20Terjun
Modifikasi : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar