Pages

Jumat, 15 April 2011

Gurun Putih Farafra (Farafra Desert)


Daya tarik utama, geografis Farafra adalah adanya Gurun Putih (dikenal juga sebagai Sahara el Beyda, kata sahara berarti gurun). Gurun Putih di Mesir ini terletak 45 km (30 mil) sebelah utara dari Farafra.Gurun Putih ini berbatasan dengan Libia di sebelah barat, Sudan di sebelah selatan, dan laut Mediteran di sebelah utara. Gurun Putih mencakup daerah seluas 2,8 juta km persegi. 


Gurun ini memiliki warna, putih krem dan memiliki formasi batu kapur yang besar, yang telah tercipta sebagai akibat dari badai pasir yang kadang-kadang terjadi di daerah tersebut. Gurun Farafra adalah tempat yang sering dikunjungi oleh murid-murid sekolah di Mesir, sebagai lokasi untuk berkemah. Gurun juga merupakan lokasi yang ditampilkan dalam video musik "Echoes" oleh Klaxons.

Oase Farafra (bahasa Arab: الفرافرة) adalah salah satu dari lima oase yang ada di Gurun Putih. Oase Farafra adalah oase terkecil yang terletak di Gurun Putih bagian barat dari Mesir, dekat 27,06 ° Lintang Utara dan 27,97 BT, yaitu di pertengahan antara Dakhla dan Bahariya.
 

Farafra diperkirakan memiliki 5.000 penduduk (2002) yang tinggal di desa tunggal dan sebagian besar dihuni oleh suku Badui lokal. Desa- desa dihiasi dengan bangunan-bangunan dengan arsitektur tradisional, yang sederhana, tapi halus dan  lugu, yang kesemuanya dalam corak warna lumpur. Kebudayaan daerah dijaga dan dijamin betul, sebagai upaya untuk mengamankan budaya lokal. Di dekat Farafra juga terletak sumber  air panas di Bir Setta dan danau El-Mufid.

Selain Farafra,terdapat empat oasis lain, yang tidak berpenghuni, yaitu Kharga, Dakhla, Bahariyya dan Siwa.

Galeri Gambar 









Modifikasi : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar