Pages

Rabu, 06 April 2011

Matahari Tengah Malam

Midnight Sun (Matahari Tengah Malam)



     Matahari tengah malam (midnight sun) adalah fenomena alam yang terjadi pada bulan-bulan musim panas (summer) di Lintang Utara dekat Lingkaran Arktik (kutub Utara) dimana matahari masih terlihat di tengah malam pada waktu lokal bila cuaca sedang cerah.
Pada bulan Mei banyak turis dari Asia dan Eropa yang berkunjung ke ujung utara bumi itu untuk menyaksikan fenomena alam yang keren itu. Salah satu kota tujuan wisata ‘midnight sun’ yang terkenal adalah Tromso; Bodo; Hammerfest dan Nordkapp.
Tromso adalah kota besar terakhir sebelum memasuki wilayah Lingkaran Kutub Utara. Kota ini terletak 69 derajat Lintang Utara.
Pada setiap bulan Mei, matahari akan tenggelam dan langsung terbit di langit kota Tromso. Turis2 biasanya berdatangan pada pertengahan bulan ini.
Adapun negara yang bisa merasakan fenomena ini adalah : Kanada, AS, Denmark (Greenland), Norwegia, Swedia, Finlandia dan Rusia.
Seperempat wilayah Finlandia berada di bagian utara Lingkaran Arktik sehingga bisa turut merasakan fenomena tersebut.
Sementara sunrise atau matahari terbit tidak bisa disaksikan di daerah Svalbard, Norwegia pada sekitar 19 April hingga 23 Agustus. Jadi ketika kamu terbangun matahari masih gelap gulita.

Polar Night
Polar Night adalah kebalikan dari fenomena Midnight Sun. Polar Night terjadi saat musim dingin, ketika matahari tetap berada di bawah horison (ufuk) sepanjang hari. Bahkan ekstremnya, di beberapa daerah kutub, matahari akan terus tampak selama 6 bulan.
Di daerah kutub sendiri, matahari hanya terbit dan terbenam sekali dalam setahun. Selama 6 bulan ketika matahari berada di atas ufuk, matahari akan terus bergerak di sekitar ufuk, dan mencapai ketinggian tertinggi saat titik balik matahari pada saat musim panas.
Modifikasi : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar