Pages

Jumat, 15 April 2011

Aquarium Churaumi Okinawa



Akuarium Churaumi Okinawa adalah akuarium yang terletak di Taman Ocean Expo, barat laut Okinawa,Jepang. Dalam bahasa Okinawa, chura (
美ら) berarti indah, dan umi () berarti laut. Churaumi Aquarium (沖縄美ら海水族館 Okinawa Churaumi Suizokukan) adalah akuarium terbesar kedua di dunia, setelah Aquarium Georgia di Atlanta (2005), dan merupakan bagian dari Ocean Expo Commemorative National Government Park, berlokasi di Motobu, barat laut Okinawa, Jepang. bahasa Okinawa, chura (美ら) berarti indah, dan umi () berarti laut.
,

Berkapasitas 7.500 meter kubik (1.981.290 galon) air laut. Satu dari beberapa tempat dimana para pengunjung dapat melihat variasi yang menakjubkan dari makhluk-makhluk laut seperti hiu berukuran rakasasa.
Akuarium ini terdiri dari empat lantai yang dilengkapi dengan berbagai atraksi kehidupan dasar laut, seperti 80 jenis karang untuk perkembangbiakan hiu dan paus serta spesies ikan lainnya.
Akuarium ini memamerkan kehidupan biologi laut di terumbu karang, laut dalam, dan arus Kuroshio, yang mengalir melintasi Kepulauan Jepang. Dari keseluruhan 77 tangki akuarium, tangki terbesar disebut Akuarium Laut Kuroshio yang dapat menampung 7.500 m³ air (panjang 10 m, lebar 35 m, kedalaman 27 m), atau setara dengan kapasitas tiga kolam renang ukuran  Olimpiade.

Dari balik kaca akrilik dinding akuarium berukuran tinggi 8,2 m, lebar 22,5 m, tebal 60 cm, dan berat 135 ton, pengunjung dapat menyaksikan sejumlah 70 spesies ikan, di antaranya ikan hiu paus, hiu, dan pari manta sebagai atraksi utama. Akuarium lainnya di Laboratorium Riset Hiu berisi hiu banteng dan hiu harimau

Adapun atraksi lain yang ditampilkan oleh beberapa lumba-lumba yang senang menari di area pertunjukkan. Setiap pengunjung yang datang pun diperbolehkan menyentuh lumba-lumba yang sudah terlatih.

Kelahiran pari manta di dalam Akuarium Laut Kuroshio pada bulan Juni 2007 merupakan peristiwa pertama di dunia. Namun sayangnya anak ikan yang dilahirkan dengan tubuh selebar 1,9 m itu hanya bertahan hidup selama empat hari, sejak dilahirkan. Kelahiran pari manta yang kedua terjadi pada Juni 2008, diikuti kelahiran pari manta yang ketiga pada 24 Juni 2009. Keduanya merupakan pari manta kedua dan ketiga di dunia yang dilahirkan di dalam akuarium

Akuarium Laut Terumbu Karang

Akuarium Laut Terumbu Karang memamerkan 800 koloni terumbu karang dari 70 spesies di dalam akuarium berkapasitas 300 m³. Akuarium ini terbuka di bagian atas agar sinar matahari yang dibutuhkan terumbu karang dapat masuk.

Aquarium Laut Kuroshio
Kaca akrilik di Akuarium Churaumi pernah dicatat Guinness World Records sebagai panel akrilik terbesar di dunia hingga dikalahkan oleh panel milik Akuarium Dubai yang lebarnya 32,88 m, tinggi 8,3 m, tebal 750 mm, dan beratnya 245,614 kg. Di dalam Akuarium Laut Kuroshio dipelihara tiga ekor hiu paus. Jinta adalah nama hiu paus terbesar, dua ekor lainnya diberi nama Number 15 dan Number 18.
Kolam utamanya disebut “Kuroshio Sea”, menampung 7500 meter kubik air (1.981.290 gallon) dan diketahui merupakan akuarium panel kaca akrilik terbesar kedua di dunia. Ukuran panjangnya 22,5 meter, lebar 8,2 meter dengan ketebalan kaca 60 cm.

Aquarium Laut dalam
Akuarium ini memamerkan spesies ikan laut dalam, termasuk di antaranya Etelis carbunculus, Thyrsitoides marleyi dan spesies yang sulit dipelihara di akuarium. Koleksi akuarium laut dalam, terdiri dari 70 spesies yang sebagian besar berasal dari kedalaman laut 200 m di lepas pantai Okinawa.
Di lokasi ini juga terdapat fasilitas lain, seperti Museum Suku Asli Okinawa, Museum Budaya Kelautan, Taman Benteng Shurijo, Tropical Dream Center, kawasan perkebunan dan desa perkampungan yang bersejarah.


Sumber : http://smart-pustaka.blogspot.com/search/label/Aquarium
Modifikais : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar