Pages

Jumat, 15 April 2011

Dubai Mall Aquarium


Dubai Mall Aquarium adalah aquarium yang terdapat di sebuah pusat perbelanjaan (Mall). Jadi, selain aquarium, di dalam Dubai Mall juga terdapat arena perbelanjaan dan lapangan ice skating. Dubai Mall Aquarium diperkirakan lebih besar dibanding Churaumi Aquarium, yang ada di Jepang.

Dubai Mall Aquarium terletak di Dubai, ibukota Uni Emirat Arab dan mempunyai volume tangki 51 m x 20 m x 11 m dan luas panel 32,88 m x 8,3 m, yang merupakan panel akrilik terbesar di dunia. Luas ini kurang lebih, 50 kali luas lapangan sepak bola.

Dengan kapasitas volume 10 juta liter air, Dubai Aquarium menjadi suatu keajaiban dasar laut, yang menampilkan salah satu koleksi paling beragam untuk kehidupan di bawah laut, di seluruh dunia.

Dubai Mall Aquarium terdiri dari tiga deck dan terowongan kaca yang menunjukan keeksotisan kehidupan bawah air. Dubai Aquarium memiliki lebih dari 33.000 hewan air, yang mewakili lebih dari 85 spesies, termasuk lebih dari 400 hiu dan ikan pari (Stingrays).

Aquarium ini didesain dengan sempurna, dengan standar aquarium kelas dunia dan tertata dalam konsep interior yang sungguh menawan. Hal ini memungkinkan para wisatawan untuk mengalami keajaiban eksotis, kehidupan bawah air secara langsung, melalui pemandangan dan pilihan kegiatan rekreasi, sambil berbelanja dan makan-makan, untuk menghibur para wisatawan. Memang, berbelanja sambil menikmati pesona lain dari sebuah mal akan memberikan kepuasan tersendiri, bagi para pengunjung yang datang.

Terletak strategis di tengah mal, akuarium dengan panjang, sekitar 50 m ini, diapit oleh dua terowongan kaca pada berbagai tingkat pilihan jendela, ke berbagai keragaman kehidupan laut yang luar biasa. Pada saat berjalan melalui terowongan ini, para wisatawan akan disuguhi pengalaman bawah laut yang luar biasa seperti saat Anda bertatapan mata- dengan ikan hiu, ikan pari dan spesies ikan lainnya, di habitat alami mereka.

Saat berjalan sepanjang di lingkungan Rainforest, Rocky Shore dan Living Ocean di Kebun Binatang bawah air maka Anda juga akan dapat menemukan diri Anda bertatap muka dengan ikan Piranha yang sangat berbahaya, Lele raksasa, berang-berang yang sedang bermain-main, sebuah koloni Penguin Humbolt, dan banyak lagi yang lain.

Ketika melihat Rainforest dari jembatan gantung yang terletak tinggi di atas kanopi sungai dan pohon, atau menjangkau dan menyentuh beberapa hewan air di kolam cadas yang keras, maka ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan.

Akuarium mall ini pertama kali dibuka pada 30 Oktober 2008 dan dibuat sesuai dengan standar etika internasional serta kebijakan kesejahteraan pada dunia hewan.

Meskipun telah dibuat dengan standar aquariuam kelas dunia, tetapi Dubai aquarium yang menjadi salah satu landmark akuarium terbesar di dunia dan simbol di Dubai pernah mengalami pecah (25 Februari 2010). Ini dikarenakan adanya sdikit problem, yaitu keretakan kecil dan sedikit kebocoran pada panel-panel akuarium ini. Saat itu para pengunjung sempat dievakuasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Galeri Gambar












Modifikais : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar