Pages

Jumat, 15 April 2011

Jembatan Menara



Jembatan Menara (bahasa Inggris: Tower Bridge) adalah jembatan Victoria yang paling terkenal dan tercantik. Tower bridge dipergunakan bagi pejalan kaki dan kendaraan bermotor. Jembatan Tower membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan sepanjang 800 kaki (244 m) ini, dengan bentang utama sepanjang 200 kaki (61 m), mengabungkan dua desain jembatan yaitu jembatan angkat dan jembatan gantung. Menaranya di tutupi dengan hiasan batu Victoria setinggi 206 kaki (63 m) dan didirikan dengan kerangka besi.

Jembatan ini dirancang oleh Sir Horace Jones dan pembangunannya (Engineer) dipimpin oleh Sir John Wolfe Barry. Pembangunan konstruks dimulai tahun 1886,  dibangun selama 8 tahun dan selesai dibangun 30 Juni 1894, dan merupakan salah satu ikon kota London. Ketika Jones meninggal tahun 1887, Barry justru mampu mengembangkan ide artistiknya untuk menjadikan jembatan ini menjadi lebih baik dari pada desain awalnya.

Jembatan Menara adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates, sebuah lembaga amal dari City of London Corporation. 

Selain karena Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara, setinggi 141 kaki, yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki, dan karena letaknya yang berdekatan dengan London Tower, sehingga jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Dari 2 koridor yang terbuat dari baja, untuk pejalan kaki yang berada 140 kaki (42 meter) di atas Sungai Thames, pengunjung dapat menikmati keindahan kota London dari atas. Pemandangan yang bisa dilihat termasuk di antaranya Katedral St. Paul, pusat bisnis dan belanja Canary Wharf, dan London Eye.

Pada saat tertutup, dek jembatan Menara memiliki ketinggian 28 kaki, tetapi pada waktu ada kapal akan lewat melayari sungai Thames, bagian tengah jembatan akan dapat terangkat sampai mencapai ketinggian 140 kaki. Buka tutupnya jembatan untuk memberi kesempatan kepada kapal-kapal untuk melewatinya dapat mencapai 50 kali per hari. Pada awal pembangunannya untuk mengangkat bagian tengah jembatan seberat 1000 ton itu, sampai kapal-kapal dapat melewatinya, digunakan mesin uap. Tetapi sekarang sudah diganti secara elektrik.

Selama 8 tahun pembangunannya, Tower Bridge memperkerjakan 432 pekerja. Selama waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton dermaga ke dalam 2 pier besar, menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya, yang masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton baja di bawahnya.
 
 
 
 
 
 
Modifikasi : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar