Pages

Jumat, 15 April 2011

Jembatan Rama VIII



Jembatan Rama VIII terletak di Bangkok Thailand, yang dibangun untuk mengenang dan menghormati Raja Rama VIII dari dinasti Chakri, Raja Ananda Mahidol, dan merupakan bagian dari sistem transportasi Bangkok, yang prestisius. Jembatan ini melintasi sungai Chao Phraya 

Jembatan Rama merupakan jembatan kabel, dimana menaranya, terpasang secara tidak simetris. Menara jembatan yang terbuat dari beton setinggi 165 meter ini, letaknya tidak berada di tengah, melainkan berada sepertiga panjang jembatan, sisi barat laut, dan berada di tepi sungai. Menara ini berguna untuk mendukung bentang yang terbuat dari beton dan baja.

Bagian menara mulai dikerjakan bulan Maret 2000 dan selesai Oktober tahun 2000 juga. Setelah itu baru mengerjakan dek-nya. Bulan Nopember 2000, bentang tengah dipasang dengan menggunakan metode cantilever.

Jembatan Rama memiliki bentang utama sepanjang 300 meter dan bentang bagian belakang 175 meter. Panjang secara keseluruhan adalah 2,45 km, termasuk bentang tengah. Jembatan Rama memiliki 4 jalur untuk kendaraan bermotor dan pejalan kaki.

Jembatan Rama mulai dibangun tahun 1999 dan selesai tahun 2001. Jembatan ini dirancang oleh Buckland & Taylor Ltd dan dibangun oleh JV: China State Corp., PPD Construction, BBR Systems Ltd, Scott Wilson. Jembatan Rama resmi dibuka 20 September 2002.

Jembatan ini telah menjadi ikon wisata di Bangkok dan gambarnya digunakan sebagai gambar di bagian belakang uang kertas seri 15 – 20 baht, saling bertolak belakang dengan potret raja Ananda Mahidol
Modifikasi : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar