Pages

Jumat, 15 April 2011

Museum Cokelat



Rasanya tidak ada orang yang tidak menyukai cokelat. Dengan rasa manisnya yang hadir dengan beragam varian, tentunya tak hanya anak-anak yang suka, orang dewasa pun banyak yang tergila-gila dengannya. Nah, bagi yang termasuk penggila cokelat, rasanya suatu saat pastilah bertanya-tanaya, bagaimanakah cokelat ini dibuat dan bagaimanakah sejarah cokelat dan perkembangannya sampai hari ini. Nah, mari kita tengok 5 museum cokelat yang ada di dunia.

Memang jika seseorang diajak berjalan-jalan ke museum, Bisa dipastikan respon pertama yang akan ditunjukkan, mereka akan mengernyitkan dahinya dan akan kehinlangan minat, alasan klasik, apa sih yang menarik dari museum? Tapi jika museum yang akan dikunjungi adalah museum cokelat, mungkin akan lain lagi ceritanya.

1. Heindl Chocolate Museum – Wina, Austria

Wina, ibukota Austria ini, terkenal akan kekayaan budayanya, seni arsitektur yang luar biasa, dan lagu-lagu klasik yang mendunia. Salah satu karya lain yang mendunia tentunya adalah cokelat Heindl, yang mulai masuk di pasaran sejak 1953. Walter Heindl dan istrinya lah yang pertama kali memperkenalkan cokelat isi minuman keras kepada dunia. Sekarang Heindl adalah merek dagang cokelat terkemuka dan untuk mengenang karya-karya mereka, telah dibuka Heindl Chocolate Museum yang berada di Wina, Austria, pada akhir 2001.

Begitu para pengunjung melewati gerbang museum ini, para pengunjung akan disapa dengan kenikmatan-kenikmatan yang tidak akan bisa terlupakan. Para pemandu akan menjelaskan dan menggambarkan sejarah cokelat, dari penemuan sampai teknik pemrosesan yang dipakai sekarang. Para pengunjung juga akan diajak untuk melihat-lihat mesin-mesin pembuat cokelat dan mesin pengemas.

Selain itu, para pengunjung akan bias mnyaksikan proses pembuatan cokelat di pabrik Heindl, salah satu pabrik cokelat paling modern di dunia. Setelah tour selesai, para pengunjung akan mendapat kesempatan sekali lagi untuk menikmati cokelat yang diinginkan.

2. Hershey’s Chocolate World – Hershey, Amerika

Hershey adalah merek dagang cokelat yang besar di Amerika sehingga kota tempat pabrik cokelat Hersey ini berdiri, dijadikan merek dagang cokelat yang dibuat di kota ini. Kota Hershey (sekaligus pabriknya) berada di Pennsylvania, sedangkan Chocolate World Museum, terletak di tengah kota cokelat ini, tempat di mana para pengunjung bisa bermain-main dengan cokelat, sekaligus benar benar merasakan bagaimana menjalankan berbagai mesin dan membuat cokelat sesuai keinginannya. Bayangkan, Para pengunjung bisa membuat cokelat dengan rasa khusus, seperti yang Para pengunjung sendiri harapkan dan sekaligus menikmatinya.

3. Cadbury Chocolate Museum – Birmingham, Inggris

Merek cokelat ini sudah akrab di telinga, tapi mungkin belum sekalipun mendengar bahwa di Inggris berdiri museum cokelat Cadbury.

Di museum ini para pengunjung akan diajak untuk kembali ke masa lalu di mana para pengunjung bisa bertemu dengan suku Aztec, yang memulai eksperimen dengan biji cokelat dan mempertunjukkan bagaimana cokelat mulai masuk ke dalam dunia Internasional.

Setelah uraian sejarah singkat, para pengunjung akan diajak bertemu dengan John Cadbury, yang akan menceritakan bagaimana ia mendirikan perusahaan ini dan membuat perusahaan ini menjadi salah satu merek cokelat terbesar di dunia. Setelah itu para pengunjung akan digiring menuju salah satu bagian pabrik, dan akan diberi kebebasan untuk menuliskan nama Para pengunjung di lempengan cokelat sebagai oleh-oleh, bermain dengan cokelat, atau mendapat berbagai macam ide untuk memulai perusahaan cokelat sendiri!

4. Lindt Chocolate Museum – Cologne, Jerman

Jika seseorang mencoba membayangkan untuk dapat menikmati cokelat di pinggiran sungai Rhine, maka tempat paling sempurna tentunya adalah Lindt Chocolate Museum di Cologne, Jer man.
Memang menyambangi Cologne, Jerman, rasanya belum lengkap jika tak bertandang ke Imhoff-Stollwerck Museum ini.

Museum jamak ini  dikenal sebagai Chocolate Museum (Schokolade Museum atau Museum Cokelat). Kendati museum ini sudah dibangun sekitar 15 tahun silam, nyatanya tetap menjadi tujuan wajib bagi turis yang berkunjung ke Cologne.

Tak sulit menemukan museum ini. Jika bertanya pada orang lokal di sudut-sudut jalan di Cologne, mereka akan dengan senang hati menunjukkan jalan menuju ke Museum Cokelat ini. Agaknya bangunan yang dibikin oleh Dr. Hans Imhoff ini menjadi kebanggaan masyarakat Cologne. Bahkan, mereka menyebutnya sebagai ‘ibukota cokelat’ milik Jerman.

5. Alprose Schokoland – Lugano-Caslano, Swiss

Alprose Schokoland ini akan menawarkan bagi para pecandu cokelat berbagai kesempatan untuk melihat bagaimana cokelat swiss dibuat, dan apa yang membuat cokelat ini begitu istimewa. Alprose memfokuskan lebih banyak mengenai bagaimana proses pembuatan cokelat, dan segala macam tentang sejarah cokelat akan diberikan dalam brosur yang dibagikan di awal Tour. Jadi, secara singkat, tour para pengunjung akan dipenuhi dengan sejarah cokelat, pembuatan cokelat, mencicipi cokelat, pengemasan cokelat, dan intinya adalah pembuatan cokelat menjadi nikmat.

Setelah para pengunjung, para pecandu cokelat melewati perusahaan, para pengunjung juga akan dibawa ke surga cokelat: Silahkan coba semua macam cokelat yang diproduksi oleh Alprosem dan para pengunjung diperkenan untuk membeli sebanyak mungkin cokelat, sesuai yang diinginkan, dengan harga khusus! 



Sumber : http://smart-pustaka.blogspot.com/search/label/Museum
Modifikasi : Sri Mulyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar